membuat subtitle video

Subtitle video merupakan hal yang penting saat ini. Seiring dengan globalisasi dan berkembangnya teknologi, subtitle banyak disediakan bagi kelompok-kelompok tertentu untuk film-film asing dan film-film baru yang ada. Semakin banyaknya para penyuka film barat maupun asia menjadikan file subtitle video sangat dicari.

Kesempatan kali ini akan sedikit sharing informasi tentang membuat subtitle bagi video. Membuat subtitle video dapat dikatakan mudah karena memang sederhana dan ada software tertentu yang dapat membantu. Dan dikatakan sulit karena kita tahu bahwa durasi film sangatlah panjang jadi pasti capek jika harus mengetik lama. Tetapi tidak ada salahnya kita tahu hal-hal dasarnya serta  kan tidak hanya video durasi panjang saja tetapi video yang pendek pun juga dapat kita buat.

Hal – Hal Dasar
Format Subtitle
Ada beberapa format yang digunakan dalam subtitle, tergantung kebutuhan dan software yang digunakan. Ada format seperti:
.txt : Format standar hasil dari notepad, tetapi jarang digunakan untuk subtitle video tetapi bisa untuk subtitle / lirik sebuah lagu.
.srt : Umum digunakan dalam sebuah film atau video.
.lrc : Dapat digunakan untuk subtitle lagu dan tidak bisa untuk video.
.ass, .sub, .ssa : Digunakan dalam software tertentu.
Dan masih banyak lagi jika disebutkan semua. Kesimpulannya adalah format yang sering dipakai dan dapat kompatibel dengan player video seperti Media Player Classic (MPC) dll adalah .srt, sehingga direkomendasikan untuk memilih format tersebut untuk jenis video.
Subtitle dan Notepad
Jika membuka sebuah file subtitle dengan notepad misalnya, akan tampak bagaimana subtitle dapat muncul dalam sebuah video di waktu-waktu tertentu. Karena terdapat, kita sebut saja kode-kode yang menggabungkan antara waktu dan tulisan.
Dalam kode waktu terdapat rincian waktu awal / muncul dan waktu akhir / hilang. Dan kode tulisan merupakan apa yang harus muncul maupun hilang dalam waktu tersebut. Tulisan itulah yang tampil dalam subtitle video. Silahkan lihat gambar dibawah ini

Terdapat 3 nomor dan disetiap nomornya terdapat dua baris. Baris pertama kita sebut saja sebagai kode waktu yang menunjukkan waktu muncul dan hilangnya teks. Terdapat 4 bagian yang dipisah kan dengan (:). Bagian depan menunjukkan jam, kemudian menit, kemudian detik dan milidetik yang harus diisikan dengan benar agar waktunya tidak bertabrakan sehingga teks tidak muncul atau rusak. Kode waktu harus dituliskan dengan format yang benar seperti gambar agar berhasil muncul.
Kemudian baris kedua kita sebut saja dengan kode tulisan. Inilah teks yang ingin dimunculkan dan dihilangkan dalam video kita. Tanpa diawali dengan kode-kode lain, dapat langsung ditulis dengan teks yang kita inginkan. Mudah kan..
Tetapi untuk lirik / subtitle lagu musik, tampilan formatnya sedikit berbeda dengan dua baris seperti di atas. Tetapi lebih sederhana.

Langkah terakhir adalah mengisikan semua teks yang kita inginkan beserta kode waktunya. Dan harus semangat dalam mengisi dan pantang menyerah. Hehe
Dan yang terakhir adalah jangan lupa simpan teks notepad tersebut dalam format yang dikehendaki. Bisa .lrc untuk musik atau .srt untuk video.
Serta jangan lupa samakan nama file subtitle dengan nama file musik / videonya.

Menggabungkan Subtitle dengan Video / Film
Ada beberapa cara dalam menggabungkan file subtitle dengan video yang kita inginkan.
  • Cara pertama, seperti yang dijelaskan di atas tadi. Samakan nama file subtitle dengan nama video nya (perhatian: bukan nama formatnya). Contoh judul videonya “film.avi” atau “film.mkv” samakan nana file subtitlenya dengan “film.srt”. Kemudian buka videonya dengan player tertentu. Jika bermasalah coba pakai player yang lain.
  • Cara kedua. Kita membutuhkan sebuah software yang praktis yang memungkinkan untuk membuat subtitle .ass menjadi permanen pada suatu video .avi. Cara ini dapat menggunakan software gabungan software:
Virtualdub http://www.videohelp.com/tools/Virtualdub.
Vobsub http://www.videohelp.com/tools/VobSub
Langkah-langkah untuk menggunakannya adalah:
Download kedua software tersebut. Kemudian ekstrak software virtualdub (misal dalam bentuk archive) di folder yang diinginkan.

Install software videosub yang didapat tadi. Pada tahap “choose components” pilih dan centang pilihan “vobsub for virtualdub” dan “textsub for virtualdub and avisynth”. Petunjuknya seperti dalam gambar

Tahap selanjutnya, instalasikan di dalam folder tempat ekstrak software Virtualdub tadi. Klik next hingga instalasi selesai.
Kemudian buka program virtualdub dengan double klik file virtualdubmod.exe pada folder nya.  Setelah itu buka file video yang dikehendaki. Setelah itu, masukkan filter textsub dengan cara (Video > Filters > Add) dan pilih Textsub 2.23 kemudian OK. Seperti ini.

Selanjutnya pada jendela yang muncul, masukkan lokasi file subtitle yang dimaksud. Sebagai contoh dibawah ini. Kemudian OK.

Demikian juga pada jendela Filter, kita klik OK sehinggga hanya ditampilkan jendela utama dari VirtualDubMod. Pada posisi ini kemudian di set pada Video > Full Processing dan set Video > Compression yang kemudian menampilkan jendela sebagai berikut.

Pada jendela video compression. Pilih DivX Codec  dan klik OK. Setelah itu simpan file ditempat yang kita inginkan dan proses penggabungannya mulai. Setelah itu file berhasil digabung.

Membuat dan Mengedit Subtitle
Untuk membuat subtitle video sebenarnya banyak software yang bisa digunakan. Bahkan software yang tidak spesifik untuk subtitle bisa digunakan seperti camtasia, ulead, movie maker, adobe, dll. Tapi kita bisa gunakan software Subtitle Workshop yang memiliki menu-menu yang khusus untuk mempermudah membuat maupun mengedit subtitle kita.
1.      Merupakan jendela yang menampilkan hasil subtitle serta videonya
2.      Menampilkan data subtitle yang akan ditampilkan, berisi no urut, waktu mulai, akhir dan teks nya.
3.      Tempat mengedit teks maupun memasukkan teks yang akan tampil di layar 1 dan 2.
4.      Tempat memasukkan dan mengedit waktu mulainya teks yang akan ditampilkan.
5.      Tempat memasukkan dan mengedit waktu selesai teks yang akan ditampilkan.
Dengan software ini, kita dapat membuat dan mengedit subtitle sedemikian rupa bersama menu-menu yang disediakan. Terkadang ada file subtitle yang tidak sesuai waktu nya, dengan ini kita bisa mengatur waktu secara keseluruhan. Untuk mempelajarinya silahkan mencari referensi tutorial penggunaan lengkap nya atau menu help software ini.

sumber http://tinarbuka-aw.students-blog.undip.ac.id/

Posting Komentar - Back to Content

 
Top
Hi Guest Selamat Datang Di Sasori Dumaru Home Link Exchange ChatBox